HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN PERAWAT DENGAN KOMPETENSI PERAWAT MELAKUKAN EVIDENCE BASED PRACTICE
Dame Elysabeth, Gita Libranty, Siska Natalia

Abstrak
Perawat dituntut bukan hanya memiliki peran sebagai care giver, client advocate, counsellor,educator, collaborator, coordinator, change agent dan consultant, namun juga harus maumeningkatkan kesadaran profesional dalam belajar, mengetahui dan menerapkan praktikberbasis bukti dalam keperawatan atau Evidence Based Practice (EBP). Penggunaan kompetensiEvidence-based Practice (EBP) masih belum terlaksana dengan baik. Masih ditemukannyaintervensi keperawatan yang berdasarkan “kebiasaan”. Perawat harus secara sistematis, penuhkesadaran dan kehati-hatian, menggunakan bukti-bukti terbaik yang aktual dalam membuatkeputusan mengenai cara menangani seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengidenti􀀯ikasihubungan tingkat pendidikan perawat dengan kompetensi dalam melakukan EBP. Penelitiankuantitatif korelasional dengan pendekatan Cross-sectional pada Oktober 2012 dilakukan diSiloam Hospitals Kebun Jeruk. Sampel pada penelitian ini adalah perawat yang bekerja di SiloamHospitals sejumlah 105 yang terjaring melalui proporsional strati􀀛ied random sampling.Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Evidence Based Practice Questionnaire (EBPQ) UptonD Upton terdiri dari 24 pertanyaan mencakup aspek pengetahuan, sikap perawat, perilakuperawat dalam melakukan EBP yang diberi skala 1- 7. Terdapat 20 perawat (19,1%) memilikikompetensi kurang baik, 56 perawat (53,3%) memiliki kompetensi cukup baik dan 29 perawat(27,6%) memiliki kompetensi baik. Ada hubungan yang signi􀀯ikan antara pendidikan dengankompetensi perawat dalam melakukan EBP di Siloam Hospitals Kebon Jeruk yang dibuktikandengan p Value = 0,006 (< α = 0,05). Diharapkan agar setiap perawat dapat meningkatkanpendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, karena terbukti bahwa pendidikan dapat menuntunseseorang terampil dalam mencari sumber penelitian, berorganisasi dan bersikap profesionaldalam bekerja, meningkatkan akses-akses untuk meningkatkan dan menerapkan praktikberdasarkan bukti (EBP).
Diunduh : 608
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIKES Aisyiyah