Perilaku Bullying pada Siswa SMP
Nita Prawitasari, Efri Widianti, Nita Fitria

Abstrak
Salah satu aksi kekerasan yang paling sering terjadi di sekolah adalah perilaku bullying.Perilaku bullying merupakan bentuk kekerasan baik secara fisik, verbal ataupun psikologisyang dilakukan secara berulang-ulang dan bersifat menyerang. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying pada siswa SMP. Penelitian inidilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian iniberjumlah 103 orang yang merupakan siswa kelas VII dan VIII yang diambil menggunakanteknik total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yangdimodifikasi dari materi perilaku bullying. Hasil pengujian validitas diperoleh sebanyak15 item yang valid dan hasil pengujian reliabilitas menunjukan nilai Alpha Cronbachyaitu 0,790. Data yang didapatkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dari sebanyak 103 siswa yang melakukan perilaku bullying, sangatsedikit dari siswa (24,2%) melakukan perilaku bullying secara fisik, sangat sedikit darisiswa (21,9%) melakukan perilaku bullying secara verbal, dan sangat sedikit dari siswa(16,2%) melakukan perilaku bullying psikologis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,diharapkan pihak sekolah dapat terus meningkatkan pelaksanaan kegiatan pembinaan,serta pengawasan terhadap adanya perilaku bullying yang lebih membahayakan danmenjadikan kegiatan-kegiatan konseling disekolah untuk memfasilitasi pengembangankemampuan diri yang lebih baik.

Kata kunci : bullying fisik, bullying verbal, bullying psikologis, perilaku bullying, siswa kelas VII-VIII
Diunduh : 82
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIKES Aisyiyah