Gambaran Resiliensi pada Remaja di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA)
Fauziah Dyan Ayu K.W, Nur Oktavia Hidayati, Ai Mardhiyah

Abstrak
Insidensi kenakalan remaja terus meningkat di setiap tahunnya. Dampak terberat darikenakalan yang dilakukan adalah hukuman pengurungan di lapas. Perubahan lingkunganluar ke dalam lapas dapat mempengaruhi kondisi psikologis anak didik lapas diantaranyadepresi berat, rasa cemas dan menarik diri dari lingkungan sosialnya, sehingga resiliensiyang baik sangat dibutuhkan remaja agar dapat beradaptasi dengan kehidupan di dalamlapas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi resiliensi pada remaja di LPKASukamiskin, Bandung. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan seluruh populasiremaja di LPKA Sukamiskin sebanyak 191. Namun sebanyak 15 orang telah menjadiresponden untuk uji validitas dan reliabilitas sehingga didapatkanlah 176 untuk sampelpenelitian yang ditentukan dengan teknik total sampling. Data diambil menggunakankuesioner Resilience Quotient dengan modifikasi yang telah melalui uji validitas (0.313 –0.898) dan uji reliabilitas (alpha cronbach 0.96). Data dianalisis menggunakan analisis datadeskriptif (frekuensi dan persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besarresponden (83,0%) memiliki resiliensi sedang. Sebagian kecil responden (8.5%) memilikiresiliensi tinggi dan sebagian kecil reponden lainnya (8.5%) memiliki resiliensi rendah.Komponen resiliensi tertinggi yaitu optimisme sedangkan komponen regulasi emosi,kontrol impuls, analisis penyebab masalah, empati, efikasi diri dan pencapaian aspekpositif berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagianbesar andikpas termasuk ke dalam kategori resiliensi sedang. Resiliensi sedang bermaknaandikpas sudah mampu untuk mengatasi masalahnya di LPKA Sukamiskin namun belumoptimal sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan resiliensi salah satunya denganmembuka jasa konseling bagi andikpas di LPKA Sukamiskin.

Kata kunci : Resiliensi, Remaja, Anak Didik Lapas (Andikpas)
Diunduh : 142
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIKES Aisyiyah